ZHUYIN FUHAO/BOPOMOFO (注音符號/ㄅㄆㄇㄈ)




Nama   : Rere Agita Putri
NIM    : 2925153345
MatKul: Pengantar Linguistik Umum (PLU)

ZHUYIN FUHAO/BOPOMOFO
(注音符號/ㄅㄆㄇㄈ)
1.      Pengertian Zhuyin Fuhao
            Didalam bahasa mandarin terdapat 2 cara dalam tata cara bunyi bahasa mandarin (Fonologi) terdapat dalam aksara tradisional maupun aksara sederhana, yaitu : Hanyu Pinyin (China) , Zhuyin Fuhao (Taiwan). Pada makalah kali ini kita akan membahas tentang fonologi dari Zuyin Fuhao.
            Zhuyin Fuhao merupakan tata cara bunyi bahasa mandarin (fonologi) yang biasa digunakan dalam kamus, buku anak-anak,  buku teks untuk tata cara membaca aksara china, dan biasanya digunakan pula pada pelafaldzan bahasa mandarin untuk membaca aksara dengan simbol tanpa menggunakan lagi hanyu pinyin.
            Zhuyin Fuhao dibuat di cina pada tahun 1912-1913, tetapi dalam pemakaiannya saat ini jarang digunakan karena sudah tergantikan dengan adanya hanyu pinyin. Tetapi pemakaian zhuyin fuhao masih bisa sering kita lihat di daerah taiwan.
2.      Simbol-Simbol Zhuyin Fuhao




            Populernya saat ini Zhuyin Fuhao biasanya dikenal dengan sebutan BoPoMoFo. BoPoMoFo adalah 4 buah simbol yang terdapat dari pengkode Big5 (aksara tradisional) yaitu B,P,M,F,(T/D). Tetapi penggunaan pengkodean Big5 sudah tidak lagi digunakan di daratan cina karena sudah digantikan dengan adanya pengkodean GB (aksara sederhana).
            Simbol dari Zhuyin Fuhao diadaptasi dari aksara china. Dalam zhuyin fuhao terdapat 37 simbol, yaitu 21 inintial dan 16 finals dan tentunya juga 4 tone. Contoh- contoh dari simbol zhuyin fuhao bisa kita lihat digambar dibawah ini :

            Bisa kita lihat dari simbol-simbol diatas bahwa simbol-simbol zhuyin banyak kita temukan di kombinasi aksara china. Contohnya pada simbol inintial (b) yaitu pada kata 包子。(b) dari kata tersebut merupakan contoh dari simbol zhuyin fuhao yang diadaptasi dari aksara china.  Karakter dari simbolnya dirancang dari pengadaptasian aksara china dan dirancang sesederhana mungkin agar seseorang dapat mengerti tata cara pembacaanya yang hampir mirip dengan aksaranya sendiri.

3.      Cara Penulisan Simbol-Simbol Zhuyin Fuhao di Aksara China
Cara penulisan dan membacanya-pun terbagi 2, yaitu secara vertikal (  ) dan secara horizontal (      ).
Contoh :
·         VERTIKAL  (KANAN-KIRI)



·         HORIZONTAL (KIRI-KANAN)






4.      Perbedaan Zhuyin Fuhao dan Hanyu Pinyin
Perbedaan zhuyin fuhao dengan hanyu pinyin yaitu terdapat pada  penyatuan dari masing-masing vokal (tetapi bukan konsonan). (https://terpconnect.umd.edu/~nsw/chinese/pinyin.htm)
Contoh :
ZHUYIN FUHAO
HANYU PINYIN
I() & OU ()
Disatukan menjadi IU , contoh pada kata liu di liuxuesheng (留)。
I(一)& EN (ㄣ)
Disatukan menjadi IN , contoh pada kata pin di pinyin (拼)。
U() & EI()
Disatukan menjadi UI , contoh pada kata shui()

 Dalam pemakaiannya, simbol-simbol dari zhuyin fuhao bisa berdiri sendiri, berbeda dengan hanyu pinyin yang harus meyatukan vokal dan konsonan. Tetapi konsep dari zhuyin maupun pinyin tetaplah sama yaitu ika suatu aksara dibaca dengan tone yang berbeda maka arti dari aksara tersebut akan juga berbeda. (Pinyin And Bopomofo Zhuyin Equivalance, Prof. Nam Sun Wang).
Kelebihan dari fonetik zhuyin fuhao yaitu jika dalam membaca aksara mata kita akan tertuju pada aksaranya karena kesamaan simbol-simbol dari fonetik zhuyin yang diadaptasi dari aksara-aksara cina tersebut. Sedangkan kekurangan dari fonetik zhuyin fuhao kita harus mampu menghapal semua simbol dari inintal dan final dari zhuyin fuhao.
Kelebihan dari fonetik hanyu pinyin yaitu kita tidak perlu repot-repot menghafal simbol karena hanyu pinyin menggunakan huruf-huruf alphabet yang sudah kita ketahui. Sedangkan kekurangan dari fonetik hanyu pinyin yaitu ketika kita membaca aksara mata kita lebih tertuju ke huruf pembacanya bukan ke aksaranya.

DAFTAR PUSTAKA

國立編譯館,1991:6

Comments

Popular posts from this blog

HIPONIMI

cerita hari ini : ketahanan nasional (geostrategi)