cerita hari ini : ketahanan nasional (geostrategi)

pada jum'at , 2 juni 2017, kami pada mata kuliah kewarganegaraan membicarakan tentang ketahanan nasional atau geo strategi. sebenarnya apasih konsepsi negara indonesia? lalu apakah pengertian ketahan nasional secara etimologi yaitu kondisi dinamis suatu bangsa dalam menghadapi suatu ancaman baik dari dalam maupun luar yang mengancam integritas dan identitas suatu bangsa. indonesia dijaga oleh 2 institusi yaitu dalam bidang pertahanan TNI, yang menjaga keutuhan indonesiaterhadap serangan luar, sedangkan keamanan yaitu polisi yang menjaga keutuhan negara atau konflik dari dalam .
upaya bela negara terdapat pada pasal 27 ayat 3 UUD 1945, yang berbunyi ;
"bahwa seluruh warga negara indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan dan pertahanan negara".
.Jadi jika suatu saat negara Indonesia berada dalam kondisi terancam karena invasi negara lain maka seluruh rakyat Indonesia wajib mempertahankan kedaulatan negara republik Indonesia.
bela negara terbagi menjadi 2 yaitu, secara fisik dan non fisik. secara fisik maksudnya militer , maksudnya secara pertahanan persenjataan untuk menjaga seutuhan NKRI dan non fisik secara non militer, maksudnya dengan menjaga keutuhan ideologi kita yaitu pancasila.

Comments

Popular posts from this blog

ZHUYIN FUHAO/BOPOMOFO (注音符號/ㄅㄆㄇㄈ)

HIPONIMI