cerita hari ini : pentingnya mata kuliah kewarganegaraan



hari ini kami semua membahas tentang pentingnya mata kuliah kewarganegaraan ini untuk dipelajari. seperti yang tertera dalam UU no 33 pasal 37 ayat 2 tahun 2003 yang menjelaskan tentang sistematis pendidikan dan UU no 12 tahun 2012 yang menjelaskan dikti pendidikan tinggi.
walaupun di dalam uu , mata kuliah ini dianggap sangat penting, namun secara sosiologis bertolak belakang , seperti yang bisa kita lihat di masyarakat saat ini bahwa kebanyakan dari mereka merasa mata kuliah umum ini 可有可无, not necessary. ini merupakan karena ekspetasi masyarakat yang terlalu tinggi, bahwa dasar-dasar sperti ini pastilah sudah diterapkan saat kita berada di sekolah dasar. namun, tidak dapat dipungkiri dalam penerapannya pun jauh dari apa yang seharusnya terjadi di masyarakat.
"nasib suatu bangsa ditentukan oleh bangsa itu sendiri"
seperti contoh dari kalimat di atas, bahwa bangsa kita ini tdiak mempedulikan yang lain selain keuntungan untuk dirinya sendiri. jika mereka terus beranggapan seperti itu, maka SDM di Indonesia pun akan hancur, individualismepun akan muncul dimana-mana. contoh yang akhir-akhir ini terjadi pun seperti aksi-aksi yang mengatasnamakan SARA, maupun masalah-masalah lain yang terjadi di nusantara kita ini. miris bila hidup di zaman ini seperti hidup di zaman penjajahan. kita mudah terpengrauh, mudah untuk di adu domba, rasa nasionalisme kita pun seperti hanya bayangan, yang mengikuti langkah kita namun tidak pernah menjadi sorotan, hanya diabaikan. 
oleh karena itu sebagai mahasiswa yang masih memiliki rasa kesadaran, agar kita dapat menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa untuk keutuhan Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

ZHUYIN FUHAO/BOPOMOFO (注音符號/ㄅㄆㄇㄈ)

HIPONIMI

cerita hari ini : ketahanan nasional (geostrategi)